Terjemahan SeSa Media: “Mind Control – Tatanan Baru Paling Menantang”

Terjemahan SeSa Media
“Mind Control: Tatanan Baru Paling Menantang”
©Nick Begich

Untuk mendownload versi lengkapnya silahkan di Terjemahan “Mind Control – The Ultimate Brave New World”

Berikut adalah sebagian terjemahannya :

Tampaknya mungkin pula untuk menciptakan ucapan kesetiaan dalam tubuh manusia, meningkatkan kemungkinan sugesti tersembunyi dan arahan psikologis… Sehingga memungkinkan untuk “berbicara” dengan musuh-musuh terpilih dengan cara yang paling mengganggu mereka. – Angkatan Udara AS, New World Vistas: Air and Space Power for the 21st Century.[1]

Ide bahwa otak bisa dibuat berfungsi pada level yang lebih efisien dan lebih terarah telah menjadi subjek riset para ilmuwan, penganut mistik, praktisi kesehatan, dan lain-lain, sepanjang manusia merenungkan masalah semacam itu. Dalam dekade terakhir, kemajuan sains otak telah mulai memberikan hasil signifikan. Hasil riset-riset itu sungguh mengejutkan, menantang, dan jika disalahgunakan, bisa mengerikan. Kepastian dari riset itu adalah bahwa ia akan terus berjalan.

Ide bahwa manusia bisa dipengaruhi oleh generator sinyal eksternal yang menciptakan, misalnya, medan-medan elektromagnetik bergetar, cahaya bergetar, dan sinyal suara bergetar, bukanlah hal baru. Informasi berikut mempertontonkan beberapa kemungkinan dan memberi isyarat tentang potensi teknologi tersebut. Di sisi positif, periset cahaya dan suara tengah mencapai kemajuan besar di sejumlah bidang, termasuk pemecahan learning disability (ketidakmampuan menangkap pelajaran), attention deficit disorder (kurang fokus), pemulihan stroke, akselerasi belajar, kecanduan narkotika/alkohol, dan peningkatan performa manusia. Riset tersebut telah memperlihatkan bahwa keadaan tertentu pada otak bisa dipengaruhi sedemikian rupa yang menyebabkan perubahan dalam otak itu sendiri. Perubahan-perubahan ini memungkinkan orang-orang untuk mempengaruhi kondisi tertentu dalam pikiran dan tubuh di luar kendali kita.

Militer dan pihak lainnya yang tertarik pada hal-hal demikian juga telah memfokuskan sejumlah besar riset dalam bidang ini untuk meningkatkan performa prajurit serta menurunkan performa musuh.

Langkah besar dalam bidang pengendalian perilaku sekarang dimungkinkan dengan sistem-sistem yang telah dan sedang dikembangkan oleh sebagian besar negara maju di planet ini. Teknologi-teknologi baru ini merepresentasikan pendekatan yang sangat berbeda terhadap peperangan, yang digambarkan oleh pemerintahan kita sebagai bagian dari “Revolusi Bidang Militer”. Meski teknologi baru ini menawarkan banyak hal untuk para perencana militer, mereka justru lebih banyak memberikannya pada warga umum. Potensi penggunaannya dalam aplikasi militer dan “penjaga perdamaian” menimbulkan perlunya debat terbuka mengenai alam baru pengumpulan intelijen, manipulasi, dan peperangan ini. Pertanyaan-pertanyaan etis yang paling dasar berkenaan dengan penggunaan teknologi baru ini belum cukup banyak dialamatkan.

Pada waktu bersamaan, kemampuan pengumpulan intelijen dan pertahanan tersebut sedang dicari, kalangan peneliti independen diikutsertakan secara penuh dalam mencari penggunaan positif teknologi tersebut. Potensi teknologi tersebut, seperti halnya teknologi lain, sangat besar, baik secara destruktif maupun konstruktif, untuk perubahan. Ide tentang meningkatkan performa fisik dan mental sambil menghindari hal-hal yang disebutkan barusan merupakan perjalanan panjang dan terjal demi mencapai hasil yang sama mengasyikkannya. Memelihara riset dalam literatur terbuka dan memastikan bahwa penggunaannya konstruktif adalah sesuatu yang penting.

Saya mulai meneliti teknologi-teknologi penstimulasi performa otak sekitar lima belas tahun lalu. Pada waktu itu, alat yang tersedia sangat terbatas dibandingkan sekarang. Sekarang ini kita bisa memperoleh perangkat cahaya dan suara, perangkat electrocranial dan biofeedback untuk digunakan dalam eksplorasi ini. Selain itu, juga tersedia material audio yang bisa digunakan bersama perangkat-perangkat tersebut. Material-material audio ini bisa digunakan untuk mempelajari bahasa, modifikasi perilaku, atau peningkatan performa. Sisi biofeedback dari teknologi baru itu tengah digunakan untuk melatih orang-orang untuk mencapai kondisi otak tertentu demi performa optimal.

Penggunaan perangkat cahaya dan suara untuk menstimulasi aktivitas otak yang kondusif terhadap akselerasi belajar dan relaksasi merupakan bidang perhatian yang sedang tumbuh dan menarik banyak orang. Selain itu, penggunaan perangkat-perangkat ini bersama dengan biofeedback telah menjadi subjek riset yang cepat berkembang. Teknologi gabungan antara perangsangan keadaan otak dan biofeedback menawarkan kemungkinan-kemungkinan yang menarik. Dengan kombinasi itu, ditemukan bahwa seseorang, dalam hitungan beberapa minggu, bisa belajar memodifikasi aktivitas otaknya secara sengaja yang mana jika dilakukan oleh seorang master Zen (meditasi ala Budha) akan memerlukan waktu dua puluh tahun. Diperlihatkan bahwa beberapa anak dengan attention deficit disorder bisa diajarkan untuk mengatur aktivitas otak mereka sehingga mereka dapat belajar secara efisien tanpa bahan kimia. Dipertunjukkan bahwa pemulihan korban stroke bisa lebih cepat jika bekerja dengan praktisi brain-biofeedback dan perangkat-perangkat baru ini.

Riset itu juga mengajari kita hal bagus mengenai sugestabilitas (daya terima sugesti) kita dari segi pengaruh terhadap perilaku kita. Pesan pokok yang muncul bersama teknologi baru tersebut adalah perlunya menyediakan pengawasan dari penyalahgunaan. Di samping itu, pengenalan stimulasi sehari-hari yang kita peroleh serta efek dari input informasi ini terhadap proses belajar kita menjadi lebih jelas. Sugestabilitas manusia, terutama dalam kondisi lelah, telah dieksploitasi oleh teroris, kelompok pemujaan (cult), dan pihak lainnya, untuk mengejar kepentingan mereka sendiri. Sugestabilitas pasif dari radio dan televisi sewaktu kita masuk ke dan keluar dari keadaan setengah tidur (semi-sleep state) sebagian besar bahkan tidak dikenali. Situasi belajar pasif menjadi semakin relevan ketika kita memikirkan bagaimana kita “menerima berita” dalam kehidupan sehari-hari kita. Kemampuan untuk mempengaruhi pikiran, perilaku, dan performa memang merupakan pedang bermata dua.

Tahun 1980-an dan 1990-an difokuskan pada pembangunan tubuh fisik. Abad 21 akan menyaksikan fokus pada pembangunan pikiran dan optimasi performa mental. Ide penggabungan teknologi baru ini ke dalam pendidikan adalah hal yang menarik dan juga menimbulkan pertanyaan mengenai siapa yang akan memutuskan subjek pelajarannya. Untuk sementara, kemungkinan-kemungkinan ini terasa luar biasa bagi mereka yang tertarik dalam pencapaian demikian. Pengendalian fungsi mental kita tak berbeda dari pengendalian otot-otot dalam tubuh kita. Belajar mengontrol dan mengkoordinasi aktivitas pikiran kita akan mendorong tubuh kita menjalani kehidupan yang jauh lebih produktif dan lebih lengkap. Tool-tool baru mungkin menawarkan kesempatan seperti itu.

Di sisi lain, terdapat potensi penyalah-gunaan dan eksploitasi sains. Para perencana militer, petugas penegak hukum, dan lainnya, kini tengah mencoba penggunaan teknologi ini secara tersembunyi untuk mengontrol “prosesor informasi” paling canggih—Manusia.

One thought on “Terjemahan SeSa Media: “Mind Control – Tatanan Baru Paling Menantang”

  1. Tanpa bermaksud mengarahkan, saya mulai berpikir bahwa kasus-kasus kerasukan masal pada karyawan pabrik dan murid sekolah sepertinya masuk dalam kategori ini. Tadinya saya kira mungkin syetan juga mengalami “reformasi 98” dan menikmati proses demokrasi sehingga ikut-ikutan anarkis. Ha3.

    Tapi bagi saya tetap, alat paling mengerikan adalah tivi. Inilah tool “Pengendali Psikologi Massa” paling dahsyat. Semua hal/peristiwa menjadi amat indah (dramatisasi gitu loh), orang munafik menjadi pahlawan nasional, neraka jadi surga, fitnah jadi berita. Fakta jadi samar. Pejuang kemerdekaan jadi pemberontak, halal jadi haram, haram jadi halal.

    Meskipun buku ini dah lama.
    Download -> Baca -> baru koment…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s