Keprihatinan Mengenai Kesehatan Ponsel Terus Menyebar

Oleh: Mi Kai Lee
10 Maret 2009
(Sumber: www.columbiavalleynews.com)

Manusia bukan satu-satunya pihak yang terpengaruh oleh menara ponsel. Pohon di depan menara ponsel jalanan Kaslo ini juga tidak terlihat baik. (Foto: Mi Kai Lee)

Sebuah pengadilan di Prancis telah memerintahkan pembongkaran tiang ponsel atas dasar ‘prinsip pencegahan’ karena terdapat cukup bukti bahwa ponsel berbahaya. Gugatan ini diajukan oleh penduduk di sekitar menara terhadap perusahaan ponsel Bouygues Telecom. Menyusul keputusan Nanterre TGI (Pengadilan Distrik) dan Versailles Appeal Court, Bouygues Telecom mulai membongkar tiang ponselnya pada pagi 6 Maret 2009.

Columbia Valley mendapat berkah bahwa fiber akan datang ke kota. Koneksi Internet fiber-optik berkecepatan tinggi bisa juga digunakan untuk layanan telepon voice over IP, seperti Skype, dan untuk video conference seperti Webex. Eksistensi fiber di valley tersebut akan banyak mengurangi kebutuhan Internet wireless dan polusi radio-frequency yang mengiringinya.

Penduduk Slocan Valley di West Kootenay tidak begitu beruntung. Tapi aktivis lokal berjuang dan memenangkan perjuangan untuk mencegah Telus memasang menara ponsel di Slocan. Mereka kini terus mengawasi menara CBC di Red Mountain untuk kemungkinan aktivitas pemasangan oleh Telus di masa mendatang. Valhalla Wilderness Society adalah kontributor utama dalam kesuksesan Slocan tersebut. Banyak yang mempelajari efeknya setelah politisi lokal, Colleen McCrory, meninggal akibat kanker otak, yang menurut masyarakat disebabkan oleh penggunaan ponsel.

Pada 24 September 2007, ketua Valhalla Committee for Environmental Health, Richard Caniell, menulis surat ini kepada Telus:
“Pada pukul 12.00 tengah hari ini, di radio BBC, sekali lagi Anda terdengar dalam pernyataan Anda bahwa Anda tidak dapat memahami mengapa terdapat penentangan di New Denver terhadap instalasi transmiter ponsel Telus padahal menara ponsel adalah aman dan banyak studi membuktikan hal ini. Saya beritahu, ini palsu, dan merupakan penipuan disengaja sebagaimana telah berulangkali diperlihatkan kepada Anda tentang adanya laporan ilmiah merugikan, yang menurut Anda menguntungkan dan tidak Anda indahkan.

“Perhatikan bahwa surat ini dan surat yang di bawah, yang sebelumnya dikirim ke Steve Jenkins, Brock Enderton, Health Canada, dan lainnya, mengajukan faktor-faktor substantif terkait bahaya kesehatan dan bencana potensial yang tidak bisa lagi Anda sangkal. Klaim yang Anda buat sebagaimana disebutkan tadi, yang telah Anda ulangi sepanjang minggu-minggu terakhir setelah atasan Anda diberitahu tentang laporan ilmiah merugikan, akan membuat Anda menjadi figur sentral dalam misinterpretasi yang tengah berlangsung.

“Tidaklah pantas seseorang dalam posisi Anda untuk terus buta dan tuli terhadap faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan publik secara serius dan terutamanya anak-anak. Telus tidak bisa melepaskan diri dari tanggung jawab potensial, atau dari dampak publik atas penolakan implementasi prinsip pencegahan, karena bersandar pada Health Canada. Telus tak dapat disangkal lagi telah diberitahu tentang sains merugikan (sebagaimana ditunjukkan dalam salinan surat di bawah, yang dikirim ke Steve Jenkins dan lainnya). Keberlanjutan Anda dengan pernyataan bohong dan mementingkan diri sendiri untuk mempromosikan produk Anda melambangkan ketidakpedulian akan bahaya kesehatan yang dapat mempengaruhi orang-orang di sini; sebuah fakta yang dapat sangat menambah tanggung jawab perusahaan Anda dan Anda sendiri.”

Pada tahun 2007, Jerman mendeklarasikan bahwa penggunaan ponsel adalah berbahaya bagi manusia.

BioInitiative Report yang dipublikasikan pada September 2007 oleh Universitas Albany, New York, mempersatukan temuan luas para dokter medis dan ilmuwan riset dari AS, Swedia, Denmark, Austria, China dan Inggris.

Valhalla menyoroti ini dari laporan tersebut:

Laporan tersebut menyatakan, terkait perangkat wireless (ponsel), “terdapat cukup bukti tentang peningkatan resiko tumor otak sehingga memerlukan intervensi berkenaan dengan penggunaannya…..kebijakan kesehatan publik yang bagus memerlukan aksi pencegahan.” Bagian penting dalam Laporan tersebut mengajukan bukti substantif bahwa radiasi transmiter terutama berbahaya bagi anak-anak dan remaja. Akibat yang terutama dicatat oleh riset di negara lain adalah leukemia anak.

Riset yang dipublikasikan oleh Profesor Mild dan Hardell dari Universitas Orebro, Swedia, dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine, mengidentifikasi 1.429 orang yang tinggal di wilayah tengah Swedia teridentifikasi mengidap tumor otak dalam periode 2½ tahun. Mereka yang tinggal di area pedesaan dan menggunakan ponsel memiliki kemungkinan 56% lebih besar untuk terdiagnosa mengidap tumor otak dibanding pengguna di kota. Untuk orang-orang yang menggunakan ponsel selama 5 tahun, resiko pengguna di pedesaan adalah empat kali lebih besar.[Dari Valhalla]

Profesor Mild, yang merupakan seorang ahli biologi di Universitas Orebro, menyatakan, “Ponsel bisa menghabiskan daya 1.000 kali lebih banyak saat jauh dari base station.” Mereka yang menggunakan ponsel di area pedesaan pada jarak yang jauh dari transmiter dapat “menyerap jauh lebih banyak energi dari perangkat tersebut”.

Valhalla mengkritik Health Canada yang bersikukuh bahwa radiasi ponsel tidak berbahaya, meski terdapat bukti kuat akan resiko kesehatan.

Prinsip Pencegahan semakin diakui oleh pengadilan dan pemerintah di seluruh dunia. Usaha perlindungan ini adalah prinsip moral dan politik yang menyatakan bahwa “apabila sebuah tindakan atau kebijakan dapat menimbulkan bahaya hebat dan tak terhindarkan terhadap publik, tanpa konsensus ilmiah bahwa bahaya tidak akan terjadi, tanggung jawab pembuktiannya jatuh kepada mereka yang mengadvokasi pengambilan tindakan tersebut.” Prinsip ini diadopsi oleh Uni Eropa dan bangsa-bangsa lain.

Versi Uni Eropa menyatakan bahwa “aksi pencegahan harus diambil dan kerusakan harus, sebagai prioritas, diralat di sumbernya dan para pengotor harus membayar.” Telus tidak bisa melepaskan diri dari tanggung jawab atas tindakannya sebab mereka bersandar pada Health Canada, karena pemberitahuan efektif tentang sains merugikan ekstensif yang memperlihatkan bahaya kesehatan telah ditunjukkan kepada mereka secara langsung, dan mereka adalah pihak yang aktif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s