Disinformasi Chemtrail

(Sumber: www.chemtrailcentral.com)

Dalam mencari kebenaran terkait Chemtrail, seseorang harus memisahkan antara informasi dan disinformasi.

Disinformasi: Contrail tidak terbentuk di bawah 30.000 kaki
Ini merupakan penyederhanaan berlebihan yang sering disebutkan. Contrail dapat terbentuk pada level serendah daratan, jikalau kondisi atmosfer sesuai, sebagaimana dapat terjadi di Anartica. Di Houston, Texas, contohnya, riset saya menunjukkan bahwa contrail biasa terlihat di di ketinggian 33.000 kaki sampai 43.000 kaki. Batas atas 43.000 kaki barangkali lantaran ketinggian maksimum lalu lintas udara tipikal, bukan batas fisik, walaupun inversi temperatur bisa menutupi jangkauan ketinggian atas contrail. Jadi ambang ketinggian bervariasi secara geografis.

Disinformasi: Contrail tidak bertahan lebih dari 30 detik
Lalu lintas jet normal dapat meninggalkan trail yang bertahan selama beberapa saat dengan adanya kondisi atmosfer yang mendukung. Dalam studi saya, jet komersial dan penumpang meninggalkan contrail yang bertahan selama hingga dua menit, pada satu kesempatan lebih dari 20 menit. Contrail normal bahkan bisa bertahan lebih lama bila melayang menembus trail persisten yang sudah eksis, awan, atau zona lembab lainnya.

Disinformasi: Shiptrail adalah Chemtrail yang disemprotkan oleh jet di atas lautan
Fenomena yang dikenal sebagai shiptrail, yang teramati di atas lautan dalam beberapa citra satelit, telah dinyatakan sebagai Chemtrail yang disemprotkan oleh jet; namun pemeriksaan sederhana terhadap formasi trail ini dalam citra satelit yang diperoleh dari selang waktu berbeda menunjukkan bahwa trail ini terbentuk oleh pesawat sangat lambat dengan kecepatan rata-rata kurang dari 30 MPH. Baca lebih lanjut di sini.

Disinformasi: “Itu hanya lalu lintas komersial”
Sebelum saya melakukan riset trail, seringkali dinyatakan oleh para debunker bahwa trail yang dilaporkan oleh para chemtrailer hanyalah contrail dari jet komersial. Riset yang dilakukan menunjukkan bahwa lalu lintas komersial bertanggung jawab atas contrail yang rata-rata bertahan kurang dari satu menit. Tak satu pun [jet] komersial pernah menghasilkan trail amat persisten yang sering teramati dari jet (militer) tak dikenal dengan rata-rata ketahanan berjam-jam.

Disinformasi: ‘Pernyataan Seorang Mekanik’
Hoax ini dibuat oleh seorang ‘debunker’ Chemtrail yang memakai nama online SprayplanePilot. Ini dianggap sebagai pernyataan mekanik sebuah perusahaan penerbangan yang secara kebetulan menemukan pipa dan tangki tambahan di sebuah pesawat komersial, mendapat masalah dengan pihak manajemen gara-gara tidak mengurus urusannya sendiri, lantas membagi kisahnya sebagai seorang “warga yang konsern”. Pada waktu penulisan ini, hoax tersebut dipasang di situs Carnicom, link-nya di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s