Proyek Montauk

Oleh: G. Melanson
(Sumber: www.wisegeek.com)

“Proyek Montauk” merujuk pada sejumlah proyek rahasia yang dijalankan oleh Pemerintah AS dan diadakan di Montauk, Pangkalan AU Long Island, juga dikenal sebagai “Camp Hero”. Riset yang dijalankan di Camp Hero, yang diduga menyangkut perjalanan waktu dan eksperimen paranormal lainnya, konon dimaksudkan untuk mengembangkan taktik peperangan psikologis.

Periset UFO dan astrofisikawan Jacques Vallee berteori bahwa cerita Proyek Montauk berawal dari penulis dan insinyur Preston Nichols yang mengklaim terlibat dalam proyek tersebut dan kemudian mampu mengingat kembali keterlibatannya setelah membongkar ingatan terdahulunya yang ditekan. Dengan keahliannya dalam bidang electrical engineering, parapsikologi, dan psikologi, Nichols mengaku diminta berpartisipasi dalam Proyek Montauk dan eksperimen-eksperimennya terkait perjalanan waktu dan mind control. Nichols telah menulis trilogi buku mengenai Proyek Montauk, yang dia klaim dimulai pada tahun 1943 dan terhubung dengan Eksperimen Philadelphia.

Orang-orang yang mendukung dugaan adanya Proyek Montauk mengatakan bahwa proyek itu dimulai dengan nama “Proyek Phoenix” dan riset tersebut awalnya dilaksanakan di Laboratorium Nasional Brookhaven Long Island. Tak lama, lokasi riset dipindahkan ke Pangkalan AU AS yang sudah non-aktif tak jauh di Montauk, di mana proyek itu dilaporkan berkembang sampai mempekerjakan beberapa ratus pekerja. Proyek itu diduga direlokasi demi melindungi peralatan besar seperti SAGA radar dish, yang dikabarkan mampu beroperasi pada frekuensi yang dapat mengubah pikiran manusia. Peralatan untuk proyek itu disimpan di sebuah pangkalan militer bawah tanah (“D1 Base”) yang dibangun oleh Office of Naval Intelligence (ONI) dan National Security Agency (NSA). Pada 1969, tempat tersebut ditutup dan didonasikan sebagai cagar margasatwa, walapun para teoris konspirasi mengatakan bahwa proyek itu berlanjut sampai akhir 1980-an.

Banyak pencapaian paranormal, yang biasanya diserahkan pada sains fiksi, diklaim tercapai selama Proyek Montauk. Contoh, dua orang yang diduga termasuk di antara orang-orang yang berada di atas USS Eldridge (kapal yang terlibat dalam Eksperimen Philadelphia) mengklaim bahwa diri mereka betul-betul melompat dari kapal tersebut pada tahun 1943 dan akhirnya berada di Montauk pada 1983. Pengembangan tak masuk akal lainnya yang diduga terjadi selama Proyek Montauk mencakup pembangunan gerbang waktu yang memungkinkan para periset proyek berjalan menembus waktu dan ruang dan juga mengontak makhluk ekstraterrestrial. Pada 1988, penentang berketurunan Spanyol-Rusia, Enrico Chekov, mengatakan pada media bahwa satelit-satelit Rusia telah mendeteksi “gelembung ruang-waktu” besar ini dalam laporan pengawasan mereka atas Camp Hero.

Pada 2008, bangkai makhluk tak dikenal terfoto di tepi pantai Montauk. Diberi nama panggilan “Monster Montauk”, makhluk tersebut ditemukan mengenakan secarik kain yang diikatkan di sekeliling kaki depannya, membuat beberapa pihak curiga bahwa ini pasti terkait dengan eksperimen aneh di Montauk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s