Keterlibatan Polisi dalam Pembunuhan Mumbai

21 Desember 2008
(Sumber: aangirfan.blogspot.com/2008/12/police-involvement-in-mumbai-killings.html)

Tamu-tamu yang terjebak dalam hotel Taj, Mumbai, pada November 2008, bercerita kepada BBC bahwa mereka diberi instruksi oleh polisi yang ternyata membuat orang-orang bersenjata dapat menembaki lebih banyak orang. (BBC NEWS World South Asia Deaths from Mumbai ‘police error’)

Seorang korban selamat mengatakan bahwa para tamu ditembak dan dibunuh oleh militan setelah polisi mengatakan kondisi sudah aman untuk pergi. Ginekolog kenamaan Mumbai, Dr. Prashant Mangeshikar, melindungi diri di dalam sebuah ruangan dan menunggu. Perwira polisi mengatakan kepada orang-orang bahwa sudah aman untuk meninggalkan hotel karena orang-orang bersenjata terkepung di lantai lain. Beberapa orang pergi duluan, tapi Tuan Mangeshikar bertahan.

“Sedikit mencurigakan jika polisi betul-betul hendak mengirim tamu-tamu ini turun ke rute berbeda di mana teroris diduga berada,” katanya kepada Adam Mynott dari BBC. “Saya menolak untuk pergi dan orang-orang yang berlari di depan saya, sekitar 20 atau 30 dari mereka tewas.”

Seorang perancang busana dari kota tersebut mengatakan bahwa bibinya ditembak mati dan sepupunya terluka serius karena mengikuti instruksi polisi untuk mencoba pergi. Sang perancang busana, Shilpa, melukiskan tingkah laku polisi memalukan. Mereka tak punya hak, katanya, untuk mempertaruhkan nyawa orang-orang. Pemerintah negara bagian Maharashtra telah mengumumkan investigasi atas dua polisi senior terkait dugaan kealpaan untuk bertindak terhadap peringatan teroris.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s