Cheney Terlibat Pembunuhan Hariri

(Sumber: Dilara Larasati, “Mencari dan Berpihak pada Kebenaran”, Sabili No. 24 TH. XVI 18 Juni 2009 / 25 Jumadil Akhir 1430, hal. 68-69)

Wartawan investigasi terkenal, Wayne Madsen, mengungkap keterlibatan mantan Wakil Presiden AS, Dick Cheney, dalam kasus pembunuhan tokoh-tokoh politik di Lebanon; mantan kepala angkatan bersenjata Lebanon, Eli Hobeika, tahun 2002 dan Perdana Menteri Lebanon, Rafik Hariri, tahun 2005.

Dalam sebuah acara di stasiun televisi Russia Today, Madsen mengatakan bahwa Cheney memiliki tim pembunuh di CIA yang dikendalikannya dari Gedung Putih. Cheney memerintahkan tim pembunuhnya untuk “menghabisi” kedua tokoh penting di Lebanon tersebut. Dalam melakukan aksinya, Cheney berkolaborasi dengan mantan Perdana Menteri Israel, Ariel Sharon. “Saya mendapatkan informasi ini dari sumber-sumber di CIA sejak lima tahun yang lalu,” kata Madsen.

Antara tahun 2004-2005, Madsen membuat laporan tentang unit khusus CIA yang memiliki hubungan dengan Gedung Putih, dan bertanggung jawab atas pembunuhan Elie Hobeika dan Rafik Hariri. Hobeika adalah tokoh Kristen Lebanon yang memberikan kesaksian pada tahun 2002 di pengadilan internasional The Hague atas keterlibatan Sharon dalam peristiwa pembantaian warga Palestina di kamp pengungsian Sabra dan Shatila di Beirut tahun 1982. Tahun itu pula, Hobeika tewas akibat pembunuhan.

Adapun kasus pembunuhan Hariri memicu ketegangan antara Lebanon dan Suriah. “Tujuan Cheney dan Sharon membunuh Hariri memang untuk menimbulkan ketidakstabilan politik dan keamanan di Lebanon dan Suriah dan mewujudkan ambisi AS membangun pangkalan militernya di Lebanon Utara dan memberangus gerakan perlawanan Hizbullah di Lebanon,” jelas Madsen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s