Emas Batangan Palsu di Bank of England dan Fort Knox

11 Januari 2010
(Sumber: www.daily.pk)

Pemalsuan uang kertas dua puluh atau seratus dolar adalah satu hal. Besaran kerugian finansial biasanya terbatas pada kawasan tertentu dan hanya mempengaruhi lusinan orang dan ribuan dolar. Agen-agen Dinas Rahasia cepat-cepat memberitahu bank bagaimana mengenali uang kertas palsu ini dan toko-toko ritel biasanya punya prosedur di tempatnya (semisal pena khusus untuk menguji kertas) untuk menghentikan perkembangbiakannya.

Tapi bagaimana dengan emas? Ini adalah komoditas paling sakral di antara semuanya sebab dianggap sebagai alat penyimpan kekayaan paling terpercaya, andal, dan bernilai.

Sebuah penemuan baru-baru ini – Oktober 2009 – telah disembunyikan oleh media mainstream tapi beredar di kalangan broker “uang besar” dan gembong finansial dan kini baru terungkap ke publik. Ini menyangkut emas di Fort Knox – emas Departemen Keuangan AS – yang merupakan ekuitas kekayaan nasional kita. Singkatnya, jutaan (dengan huruf “j”) emas batangan adalah palsu!

Siapa yang berbuat ini? Rupanya pemerintah kita sendiri.

Latar belakang
Pada Oktober 2009, China menerima kiriman emas batangan. Emas adalah devisa lazim di antara negara-negara untuk membayar utang dan menyelesaikan apa yang disebut neraca perdagangan. Sebagian besar emas dipertukarkan dan disimpan di ruangan besi di bawah pengawasan sebuah organisasi khusus yang bermarkas di London, London Bullion Market Association (atau LBMA). Saat kiriman diterima, pemerintah China meminta agar dilakukan uji khusus guna menjamin kemurnian dan berat emas batangan. Dalam uji ini, empat lubang kecil terdapat pada emas batangan dan logam itu lalu dianalisa.

Pejabat terkejut mengetahui bahwa batangan itu palsu. Batangan-batangan itu mengandung inti tungsten, dengan lapisan emas asli di sebelah luar. Selain itu, emas-emas batangan ini, yang memuat nomor seri untuk ditelusuri, berasal dari AS dan disimpan di Fort Knox selama bertahun-tahun. Dikabarkan ada antara 5.600 sampai 5.700 batangan, masing-masing berberat 400 ons, dalam kiriman itu!

Mulanya banyak pakar emas berasumsi bahwa emas palsu itu berasal dari China, produser [produk] kurangan terbaik di dunia. China segera menyelidiki lalu mengeluarkan pernyataan yang melibatkan AS dalam persekongkolan jahat itu.

Apa yang China temukan adalah: kira-kira 15 tahun lalu – selama Pemerintahan Clinton (pertimbangkan Robert Rubin, Sir Alan Greenspan, dan Lawrence Summers) – antara 1,3 sampai 1,5 juta blangko tungsten 400 ons diduga diproduksi oleh sebuah perusahaan pengilang canggih dan tingkat tinggi di AS [lebih dari 16 Ribu metrik ton]. Selanjutnya, 640.000 blangko tungsten ini dilapisi emas dan DIKIRIM ke Ft. Knox dan tetap berada di sana hingga hari ini.

Berdasarkan penyelidikan China, neraca tempat penyembunyi 1,3 juta sampai 1,5 juta tungsten 400 ons ini juga dilapisi emas lalu diduga “dijual” ke pasar internasional. Rupanya, pasar global benar-benar “disumpal batangan asin 400 ons”. Barangkali senilai sebanyaknya 600 miliar dolar.

Sebuah berita tak jelas yang semula diterbitkan di N.Y. Post (ditulis oleh Jennifer Anderson) pada akhir Januari 2004 barangkali sekarang masuk akal.

“Kejaksaan Distrik menyelidiki eksekutif NYMEX, Manhattan, New York, 2 Februari 2004. Seorang eksekutif top di New York Mercantile Exchange (NYMEX) sedang diselidiki oleh jaksa distrik Manhattan. Sumber-sumber yang dekat dengan bursa itu mengatakan bahwa Stuart Smith, wakil presiden senior operasi di bursa, dikenai surat kuasa penggeledahan oleh kejaksaan distrik minggu lalu. Detail penyelidikan belum tersingkap, tapi juru bicara NYMEX mengatakan itu tak terkait dengan pasar bursa manapun. Dia menolak berkomentar lebih jauh selain mengatakan bahwa tuntutan belum diajukan. Seorang juru bicara kejaksaan distrik Manhattan juga menolak berkomentar.”

Kantor-kantor Wakil Presiden Senior Operasi NYMEX adalah tempat ke mana Anda harus pergi untuk menemukan riwayat [nomor seri dan asal perusahaan pelebur] untuk SETIAP EMAS BATANGAN yang SECARA FISIK ditempatkan di bursa ini. Kantor-kantor tersebut diwajibkan menyimpan riwayat ini. Riwayat akurat ini akan menunjukkan silsilah semua emas fisik yang ditempatkan di bursa dan karenanya [akan] “membuktikan” bahwa jumlah emas yang dimaksud tidak mungkin berasal dari operasi penambangan AS – sebab jumlah yang datang dari perusahaan pelebur AS tak diragukan lagi akan jauh lebih besar daripada produksi tambang domestik.

Tak ada yang tahu apa yang terjadi pada Stuart Smith. Setelah kantor-kantornya digeledah, dia mengambil “cuti administratif” dari NYMEX dan belum pernah terdengar sejak saat itu. Herannya, tak pernah ada tindak lanjut di media mengenai kisah awal tersebut serta perkembangan NIHIL yang berasal dari kantor Kejaksaan Distrik Morgenthau yang mengeksekusi surat kuasa penggeledahan.

Apa kita percaya bahwa kantor-kantor NYMEX digeledah, Wakil Presiden Senior Operasi kemudian mengambil cuti – tanpa hasil apa-apa?

Pengungkapan emas batangan palsu juga menjelaskan kisah tak biasa lain yang juga terjadi pada 2004: London 14 April 2004 (Reuters) – NM Rothschild & Sons Ltd., unit bank investasi Rothschild (ROT.UL) yang bermarkas di London, akan menarik diri dari perdagangan komoditas, termasuk emas, di London sambil meninjau ulang operasinya, kata mereka pada hari Rabu.

Menariknya, Bill Murphy dari GATA berspekulasi tentang ini pada 2004 silam: “Mengapa Rothschild hendak meninggalkan bisnis emas saat ini, saya dan rekan-rekan menerka? Saya cuma menebak, tapi saya menduga ada sesuatu yang keliru. Mereka mengetahui skandal besar akan datang dan mereka tak ingin menjadi bagian darinya… Rothschild ingin keluar sebelum [seperti peribahasa] “Tinja mengenai penggemar”. – BILL MURPHY, LEMETROPOLE, 18 April 2004.

Apa itu GATA? Gold Antitrust Action Committee (GATA) adalah sebuah organisasi yang telah menggigit tumit US Treasury Federal Reserve selama beberapa tahun. Landasan tuduhan GATA adalah bahwa institusi-institusi ini, berkoordinasi dengan bank-bank sentral lain yang terlibat dan bank-bank investasi perdagangan emas raksasa di AS, telah memanipulasi harga emas selama berdekade-dekade.

Apa itu GLD? GLD adalah singkatan dari Good London Delivery. London Bullion Market Association (LBMA) mendefinisikan “good delivery” (kiriman bagus) sebagai kiriman dari sebuah entitas yang terdaftar dalam daftar pengantaran mereka atau memenuhi standar untuk daftar tersebut dan yang batangannya telah lulus syarat uji yang ditetapkan oleh asosiasi dan diupdate dari waktu ke waktu. Batangan Au (simbol kimiawi emas—penj) harus murni dengan rentang 995 sampai 999,9 per 1000. Berat, Bentuk, Tampilan, Tanda, dan Cap Berat diatur sebagai berikut:

Berat: minimum 350 ons murni Au, maksimum 430 ons murni Au, berat bruto sebatang diekspresikan dalam troy ons, dalam kelipatan 0,025, dibulatkan turun ke 0,025 terdekat satu troy ons.

Dimensi: dimensi rekomendasi untuk emas batangan Kiriman Bagus adalah: Permukaan Atas: 255 x 81 mm, Permukaan Bawah: 236 x 57 mm, Ketebalan: 37 mm.

Kemurnian: minimum 995 bagian per 1000 emas murni. Tanda: Nomor Seri, Cap Uji Kadar Pengilang, Kemurnian (sampai empat angka signifikan), Tahun Produksi (diekspresikan dalam empat digit).

Setelah meninjau ulang prospektus/edaran mereka lagi, jadi amat jelas bahwa GLD didirikan untuk sengaja membelokkan dolar investasi dari pengejaran emas sah dan untuk menciptakan samaran, tempat segala macam barang, slush-fund (dana yang dapat dipakai untuk tujuan tertentu, umumnya dalam pemilu—penj) dan kemungkinan besar sebagai tempat tujuan bagi banyak tungsten batangan palsu ini di mana batangan takkan pernah melihat cahaya matahari – tersembunyi dari undang-undang di balik “perisai” sah berikut:

[Petikan dari prospektus GLD di halaman 11] “Emas batangan yang dialokasikan ke Perserikatan berhubungan dengan penciptaan Basket (Kelompok Mata Uang—penj) mungkin tidak memenuhi London Good Delivery Standards dan, jika Basket diterbitkan terhadap emas semacam itu, Perserikatan bisa menderita kerugian. Wali atau Pemelihara tidak secara independen mengkonfirmasi kemurnian emas batangan yang dialokasikan ke Perserikatan berhubungan dengan penciptaan Basket. Emas batangan yang dialokasikan ke Perserikatan oleh Pemelihara mungkin berbeda dari laporan kemurnian atau berat yang disyaratkan standar LBMA untuk emas batangan yang dikirimkan dalam penyelesaian perdagangan emas, atau London Good Delivery Standards, standar yang disyaratkan oleh Perserikatan. Namun demikian jika Wali menerbitkan Basket terhadap emas semacam itu, dan jika Pemelihara gagal memenuhi kewajibannya untuk memasukkan jumlah kekurangan ke dalam daftar penerimaan Perserikatan, Perserikatan bisa menderita kerugian.”

Federal Reserve tahu tapi rupanya ia merupakan bagian dari persekongkolan jahat ini. Awal tahun ini GATA mengajukan permohonan kedua berdasarkan Undang-undang Kebebasan Informasi (FOIA) terhadap Federal Reserve System untuk [mendapatkan] dokumen-dokumen dari tahun 1990 sampai tahun yang ada kaitannya dengan pertukaran emas, emas yang dipertukarkan, atau pertukaran emas yang ditawarkan.

Pada 5 Agustus, Federal Reserve merespon permohonan FOIA ini dengan menambahkan dua dokumen lain pada dokumen yang diungkap kepada GATA April 2008 dari permohonan FOIA sebelumnya. Dokumen-dokumen ini total 173 halaman, yang banyak bagiannya disunting (dihapus). Respon The Fed juga mencatat ada 137 halaman dokumen tidak diungkap yang diduga dikecualikan dari pengungkapan.

GATA mengajukan banding atas penetapan ini pada 20 Agustus. Banding itu meminta lebih banyak informasi untuk memperkuat legitimasi pengecualian pengungkapan yang diklaim tersebut dan penjelasan tentang mengapa beberapa dokumen, semisal yang ditampilkan di website Federal Reserve yang membahas pertukaran emas, tidak diikutsertakan dalam rilis dokumen 5 Agustus.

Dalam sebuah surat bertanggal 17 September 2009, pada kepala surat Federal Reserve System, gubernur Federal Reserve Kevin M. Warsh sama sekali menolak banding GATA. Seluruh teks surat ini bisa diperiksa di www.gata.org/files/GATAFedRespon…7-2009.pdf (maaf linknya tak lengkap–penj).

Paragraf pertama halaman ketiga adalah yang paling menyingkap. “Berhubungan dengan banding Anda, saya telah mengkonfirmasikan bahwa informasi yang disembunyikan di bawah pengecualian 4 terdiri dari informasi komersial atau finansial yang konfidensial menyangkut operasi Bank-bank Federal Reserve yang diperoleh dalam pengertian pengecualian 4. Ini mencakup informasi yang menyangkut rencana pertukaran dengan bank-bank asing atas nama Federal Reserve System dan bukan tipe informasi yang biasanya diungkap ke publik. Informasi ini patut disembunyikan dari Anda.”

Pernyataan di atas adalah pengakuan bahwa Federal Reserve terlibat dalam pertukaran emas batangan palsu dan bahwa ia menolak mengungkap informasi apapun mengenai aktivitasnya!

Mengapa memakai tungsten? Jika Anda hendak mencetak uang palsu, Anda harus memiliki kertas khusus, kalau tidak, uang kertas tidak akan terasa cocok dan bisa dengan mudah dideteksi oleh pena khusus yang dimiliki sebagian besar pedagang dan bank. Demikian pula halnya, jika Anda hendak memalsukan emas batangan, Anda sebaiknya memastikan bahwa emas-emas itu mempunyai berat dan atribut emas asli.

Pada awal 2008, jutaan dolar emas di bank sentral Ethiopia didapati ternyata palsu. Apa yang disangka sebagai batangan emas berisi ternyata tak lebih dari baja berlapis emas. Mereka mencoba menjual barang tersebut ke Afrika Selatan dan kemudian dikirim balik saat orang Afrika Selatan memperhatikan masalah kecil ini. Persoalan dalam pembuatan emas palsu berkualitas bagus adalah bahwa emas luar biasa padat. Ia hampir dua kali lebih padat daripada timah, dan dua setengah kali lebih padat daripada baja. Anda biasanya tidak memperhatikan ini sebab cincin emas kecil dan semacamnya tidak cukup berat untuk membuat ini terlihat jelas, tapi jika Anda pernah memegang batangan emas lebih besar, itu sama sekali tak dapat diragukan: batangan emas amat sangat padat.

Emas batangan standar untuk perdagangan antarbank, dikenal sebagai “batangan London kiriman bagus” (London good delivery bar), berberat 400 troy ons (lebih dari 33 pon), tapi tak lebih besar dari novel bersampul tipis. Sebatang baja berukuran sama hanya berberat tiga belas setengah pon.

Menurut pakar emas, Theo Gray, persoalannya adalah bahwa amat sedikit logam yang sepadat emas, dan, dengan dua pengecualian saja, mereka semua berbiaya sama atau lebih mahal daripada emas.

Pengecualian pertama adalah depleted uranium, yang amat murah jika Anda adalah pemerintah, tapi sulit diperoleh individu biasa. Ia juga bersifat radioaktif, yang bisa menjadi sebuah isu.

Pengecualian kedua adalah pemenang sejati: tungsten. Tungsten jauh lebih murah daripada emas (mungkin $30 per pon dibandingkan dengan emas yang $12.000 per pon sekarang ini). Dan luar biasanya, ia mempunyai densitas yang sama dengan emas, sampai tiga angka desimal. Perbedaan utamanya adalah warna, dan ia jauh lebih keras daripada emas. (Emas murni sungguh lembut, Anda bisa melekukkannya dengan kuku jari.)

Emas batangan palsu terhebat mesti sesuai dengan warna, kekerasan permukaan, densitas, bahan kimiawi, dan atribut nuklir emas secara sempurna. Untuk ini, Anda bisa memulai dengan sepotong tungsten yang masing-masing dimensinya kira-kira 1/8 inchi lebih kecil daripada emas batangan yang Anda inginkan, lalu timpakan lapisan 1/16 inchi emas murni asli ke sekelilingnya. Batangan ini akan terasa cocok di tangan, ia akan menghasilkan lingkaran putus saat diketok sebagaimana emas semestinya, ia akan lulus uji kimiawi, ia akan berberat “persis”, dan, meski saya tak tahu pasti, saya kira ia juga akan lulus pemindaian fluorescence sinar-X, sebab lapisan 1/16 inchi emas murni cukup untuk mencegah sinar-X menjangkau tungsten. Anda akan harus mengebornya untuk mencaritahu bahwa itu palsu.

“Batangan London kiriman bagus” palsu seberkualitas tinggi itu berbiaya sekitar $50.000 untuk diproduksi sebab mengandung banyak emas asli, tapi Anda masih bisa mendapat laba bagus mengingat emas asli bernilai hampir $400.000.

Apa yang terjadi sekarang? Politisi seperti Ron Paul telah menuntut agar Federal Reserve lebih transparan dan membuka riwayat mereka bagi penyelidikan publik. Tapi The Fed konsisten menolak, menyatakan bahwa pengungkapan ini akan merusak operasinya. Ya, sudah pasti!

One thought on “Emas Batangan Palsu di Bank of England dan Fort Knox

  1. Tapi bisa jadi sih, “pemalsuan” ini juga propaganda CIA biar kita percaya kalo perjanjian ini memang palsu, padahal mungkin sebenarnya memang ada. Pernah nonton di History Channel tentang emas yang ditimbun di Fort Knox. Waktu itu USA lagi heboh2nya nimbun emas. Tapi lupa tahun berapa. Pas baca artikel ini tiba2 langsung ingat dokumenter itu. r

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s