Kilang Swasta Terbesar Menemukan Tungsten Batangan Berlapis Emas

Oleh: Patrick A. Heller
2 Maret 2010
(Sumber: www.coinupdate.com)

Baru-baru ini, stasiun televisi Jerman ProSieben menayangkan sebuah berita yang mengulas W.C. Heraeus di Hanau, Jerman, kilang swasta terbesar dunia. Dalam berita tersebut, Wilfried Hörner, pimpinan bengkel tuang emas itu, memperlihatkan sebatang emas 500 gram (16,0755 troy ons) yang diterima dari sebuah bank tak dikenal. Batangan itu memiliki dimensi fisik yang benar untuk menjadi emas batangan asli, tapi salah seorang pekerja Heraues mencurigai sesuatu yang lucu. Setelah batangan dibelah dua, Anda dapat melihat bahwa bagian dalamnya adalah tungsten, dengan lapisan emas di sebelah luar.

Anda dapat menonton berita ini di You Tube, di mana ia diposting pada 28 Februari di alamat www.youtube.com/watch?v=ZKczs-7BFRI.

Musim gugur lalu, Rob Kirby dari Kirby Analytics di Toronto melaporkan bahwa bank sentral China menemukan beberapa tungsten batangan berlapis emas 400 ons di antara emas-emas yang diterimanya baru-baru ini dari gudang-gudang barang bebas bea. Kemudian diketahui bahwa sekurangnya empat batangan palsu ditemukan dan bahwa semuanya berasal dari sumber-sumber di AS. Begitu tumbuh kecurigaan tentang batangan palsu di antara emas-emas untuk pengiriman yang disimpan di gudang barang bebas bea yang bertentangan dengan kontrak COMEX atau London Bullion Market Association atau [mengancam] saham dana devisa yang diperdagangkan (exchange traded funds), para investor bisa panik. Jadi, Anda dapat mengerti bahwa liputan soal cerita ini telah dihentikan hampir secara total.

Tungsten adalah satu-satunya logam bernilai rendah yang memiliki densitas spesifik yang cukup dekat dengan emas untuk mempabrikasi kepingan palsu cukup baik yang berukuran dan berbobot sama dengan koin dan batang asli. Selama bertahun-tahun, sudah ada segelintir laporan terasingkan tentang koin dan batangan kecil yang didapati telah dibor untuk mengangkat sebagian emas yang kemudian diganti dengan tungsten. Namun, jauh lebih menguntungkan jika mempabrikasi batangan tungsten asli yang besar daripada batangan tungsten berlapis emas.

Hingga kini, bursa komoditas menyatakan tidak bertanggungjawab atas kemurnian emas batangan yang mereka antarkan. Karena cerita tungsten batangan berlapis emas di gudang-gudang barang bebas bea terus muncul, saya kira bursa komoditas akan terpaksa memodifikasi praktek bisnis mereka untuk menyediakan jaminan kemurnian batangan yang mereka antarkan.

Proses pengujian batangan secara non-destruktif untuk memeriksa kalau-kalau ada yang palsu membutuhkan peralatan amat mahal dan memakan waktu. Itu di luar jangkauan hampir semua investor dan pedagang koin. Untuk memaksimalkan keamanan, saya sarankan membeli koin dan batang berukuran kecil saja, katakanlah berkadar emas dua ons atau kurang, dan hanya bertransaksi dengan perusahaan yang punya rekam jejak panjang dan staf ahli internal (tak seperti bank tadi yang menerima batangan palsu 500 gram). Jika Anda telah membeli koin dan batang dari sumber tak dikenal, Anda mungkin ingin memeriksanya melalui pihak ketiga independen yang berpengalaman.

Kontrasnya, barang terakhir yang ingin saya beli sebagai investasi adalah emas batangan besar yang disimpan di gudang-gudang barang bebas bea di tempat penyimpanan tak teralokasi (tak ditentukan letaknya—penj). Jika ternyata gudang yang menyimpan batangan Anda memiliki terlalu banyak batangan palsu dalam inventarisnya, mereka bisa bangkrut. Itu akan menjadikan pemegang inventaris tak teralokasi sebagai unsecured creditor (kreditur tak terjamin) sebuah perusahaan yang bangkrut, dan bukan sebagai pemilik emas.

Karena eksistensi tungsten batangan berlapis emas bisa berdampak besar sekali terhadap pasar finansial, ada potensi besar pengedaran penipuan dan misinformasi. Berhati-hatilah dalam mempercayai berita apapun yang Anda dengar. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya mengambil koin dan batangan emas berukuran kecil saat ini, dan caritahu apakah emas yang Anda punya asli dan berisi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s