Ujicoba Nuklir di Nevada Test Site

(Sumber: www.brookings.edu)

US Nuclear Weapons Cost Study Project dirampungkan pada Agustus 1998 dan menghasilkan buku Atomic Audit: The Costs and Consequences of U.S. Nuclear Weapons Since 1940 yang disunting oleh Stephen I. Schwartz. Halaman-halaman proyek ini dapat dianggap historis.

1-ntsPersiapan penurunan kaleng ujicoba nuklir dan kabel diagnostik ke dalam terowongan ujicoba

Sebelum Amerika Serikat menghentikan ujicoba nuklir bawah tanah pada September 1992, lebih dari 800 ujicoba nuklir bawah tanah dilakukan di Nevada Test Site. Kebanyakan ujicoba ini berlangsung dalam terowongan-terowongan vertikal (selebar 3 sampai 12 kaki [0,9 sampai 3,7 meter]), yang digali ke dalam lubang gurun hingga kedalaman 600 sampai 5.000 kaki (183 sampai 1.524 meter). Perangkat ujicoba ditempatkan di ujung bawah kaleng silinder panjang (sampai 200 kaki atau 61 meter), yang juga memuat banyak instrumen diagnostik. Bermil-mil kabel listrik menghubungkan kaleng dengan stasiun penembak dan perekam di permukaan. Setelah kaleng diturunkan ke dalam terowongan, lubang ditutup dengan mengisinya dengan pasir dan kerikil dan menyegelnya dengan satu sampai tiga busi ekspoksi tér batu bara (prosedur ini gagal menahan radioaktivitas ujicoba-ujicoba sekitar 1/3-nya).

2-persiapanntsDalam persiapan ujicoba nuklir bawah tanah di Nevada Test Site, bermil-mil kabel menghubungkan perangkat nuklir dengan instrumen diagnostik dan pemonitor pada gandengan yang terletak di jarak aman dari terowongan ujicoba. Sejenak setelah perangkat meledak—menghancurkan diri dan segala sesuatu dalam terowongan ujicoba—kabel-kabel menyiarkan pengukuran kritis kepada para ilmuwan senjata, memungkinkan mereka memastikan angka-hasil perangkat, efisiensi, dan karakteristik lainnya. Perhatikan kawah-kawah amblas dari ujicoba sebelumnya tak jauh dari situ.

3-bocorDebu dan gas radioaktif setelah ujicoba senjata nuklir bawah tanah, 18 Desember 1970.

 Ujicoba Baneberry melibatkan perangkat nuklir 10 kiloton yang diletakkan 910 kaki (277 meter) di bawah Dataran Yucca dekat perbatasan utara Nevada Test Site. Tak lama setelah ujicoba, busi penyegel terowongan dari permukaan rusak dan puing radioaktif dalam jumlah besar bocor ke atmosfer, sampai ketinggian 10.000 kaki (3.048 meter). Sekitar 86 pekerja di situs terpapar radioaktivitas, tapi menurut Departemen Energi, tak ada yang mendapat dosis melampaui batas aman (radiasi yang hanyut keluar situs juga dianggap tidak berbahaya).

4-kawahTampilan udara ujung utara Dataran Yucca di Nevada Test Site

 Ujicoba nuklir bawah tanah meninggalkan kawah-kawah amblas dengan berbagai ukuran tergantung pada angka-hasil perangkat yang diledakkan, kedalaman penempatan, dan karakteristik geologis tanah sekitar. 828 ujicoba nuklir bawah tanah, termasuk 24 ujicoba gabungan AS-Inggris, dilakukan di Nevada Test Site antara 1951 sampai 1992.

5-beritaReporter dari seantero negeri yang mengenakan goggle pelindung berkumpul di News Knob di situs ujicoba untuk menyaksikan ujicoba senjata nuklir Charlie, berupa penjatuhan bom 31 kiloton dari pesawat pengebom B-50. Ujicoba 22 April 1952 ini disiarkan langsung di televisi nasional.

 Kredit: Departemen Energi, Lawrence Livermore National Laboratory (courtesy Natural Resources Defense Council), National Archives

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s