Netanyahu dan Putin Sepakat Assad dan Sisi Lebih Baik Daripada Alternatif Lain

Jumat 20 Desember 2013
(Sumber: www.middleeastmonitor.com)

Vladimir Putin dan Benjamin Netanyahu

Dikabarkan, perdana menteri Israel dan presiden Rusia sepakat bahwa keberadaan Bashar Al-Assad di Suriah dan Abdel Fattah Al-Sisi di Mesir lebih baik daripada alternatif “ekstrimis” dan Ikhwanul Muslimin saat ini. Suratkabar Maariv menambahkan, Benjamin Netanyahu juga telah dijanjikan oleh Putin bahwa dia akan menghalangi konferensi apapun yang diusulkan untuk membahas perlucutan senjata nuklir di Timur Tengah.

Netanyahu, klaim Maariv, tidak menyandarkan diri pada kebijakan pemerintah AS di Timur Tengah dan yakin bahwa Israel harus mengembangkan aliansi baru dan meningkatkan hubungannya dengan negara-negara lain, termasuk Rusia. Putin, menurut Netanyahu, punya kepentingan pada stabilitas Timur Tengah dan konfrontasi ancaman yang ditimbulkan oleh “ekstrimis Islam”.

Walaupun Netanyahu tidak berharap meyakinkan Putin agar menentang pendekatan timbal-balik AS-Iran saat mereka berdua berjumpa di Moskow bulan lalu, Maariv menyebut dia bisa menerima jaminan keamanan penting. Jaminan semacam itu dapat melindungi kemampuan strategis Israel, apalagi jika Rusia, rival sekutu utama Israel, AS, yang memberikannya.

Selama pertemuan mereka, Netanyahu menyoroti bahwa konferensi pelucutan senjata yang pertama kali diutarakan oleh Presiden AS Barack Obama pada 2010 akan fokus pada senjata nuklir yang dimiliki Israel, dan itu dapat membahayakan kepentingan strategis Israel. Dia bilang kepada Putin, konferensi seperti itu hanya memungkinkan setelah ada hubungan damai antara Israel dan dunia Arab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s