Turki Alami Destabilisasi – Ratusan Keluarga Militer-Diplomat Amerika Didesak Tinggalkan Turki

Jumat 4 September 2015
(Sumber: pennyforyourthoughts2.blogspot.com)

Military Times:

“Ratusan keluarga militer AS didesak tinggalkan Turki selatan di tengah kekhawatiran baru terhadap keamanan [area tersebut],” kata pejabat pertahanan pada hari Kamis.

Keputusan ini hanya berpengaruh untuk keluarga pasukan AS di Incirlik dan para diplomat di konsulat Adana tak jauh dari situ. Keluarga tidak diharuskan pergi, tapi mereka yang pergi akan dibiayai oleh pemerintah AS. Sekolah-sekolah Departemen Pertahanan akan tetap buka untuk mereka yang tinggal.

WSJ:
Sebetulnya saya sudah mendapatkan yang ini kemarin, tapi disisihkan dulu untuk berita lain.

WASHINGTON—AS menawarkan membantu kerabat personil militer dan diplomatik AS yang ditempatkan di Pangkalan Udara Incirlik dan sebuah konsulat di Adana tak jauh dari situ untuk meninggalkan Turki.

Para kerabat tidak diharuskan pergi, tapi pemerintah AS akan mengongkosi perjalanan mereka jika mereka memilih pergi, ungkap pejabat. Anggota keluarga diberitahu Kamis pagi waktu timur dalam pertemuan balai kota di pangkalan udara Incirlik. Sekitar 350 orang hadir dan sejumlah kecil mengisyaratkan akan meninggalkan negara tersebut, kata pejabat militer.

“Keputusan ini dibuat setelah banyak peringatan, menyusul dimulainya operasi militer di luar Pangkalan Udara Incirlik,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Mark Toner. “Kami akan terus mengevaluasi sikap keamanan kami di Turki dan seluruh dunia.”

Departemen Luar Negeri juga mengeluarkan peringatan bepergian ke Turki, menasehati warga negara AS pada hari Kamis untuk “waspada akan potensi kekerasan”. Peringatan ini menyoroti serangan teroris terhadap kepentingan AS di Turki serta lokasi-lokasi wisata dan mendesak pengunjung menghindari demonstrasi dan perkumpulan massa.

Konsulat Adana akan terus beroperasi seperti biasa dan AS tidak membiayai evakuasi apapun, bunyi peringatan itu. Anggota keluarga punya waktu hingga 30 hari untuk memutuskan apakah mereka ingin pergi, kata pejabat militer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s